Kamis, 26 Juli 2012

METODE PQRST


Ada banyak sekali model dan metode pembelajaran yang dapat diterapkan oleh para pengajar agar peserta didik tidak mengalami kebosanan, salah satunya adalah model atau metode belajar PQRST
Adapun langkah-langkah metode belajar PQRST adalah sebagai berikut :

a. Langkah I Preview (membaca sekilas)

Langkah pertama ini dimaksudkan agar siswa membaca dengan cepat sebelum mulai membaca bahan bacaan siswa yang memuat tentang isi materi yang akan dipelajarinya.

Siswa dapat memulai dengan membaca topik-topik, sub topik utama, judul dan sub judul, kalimat-kalimat permulaan atau akhir suatu paragraf, atau ringkasan pada akhir suatu bab. Perhatikan ide pokok yang akan menjadi inti pembahasan dalam bahan bacaan siswa. Dengan ide pokok ini akan memudahkan mereka memahami keseluruhan ide yang ada.


b. Langkah II Question (bertanya)

Langkah kedua ini adalah menyusun atau mengajukan pertanyaan kepada diri sendiri mengenai isi buku atau untuk setiap pasal yang ada pada bahan bacaan siswa. Pertanyaan ini mendukung pembaca atau siswa menemukan apa-apa yang diperlukannya. Awali pertanyaan dengan
menggunakan kata “apa, siapa, mengapa, dan bagaimana”. Kalau pada akhir bab telah ada daftar pertanyaan yang dibuat pengarang, hendaklah baca terlebih dahulu.


c. Langkah III Read (membaca)
Langkah ketiga ini siswa membaca secara teliti paragraph demi paragraph untuk lebih memahami isi bacaan atau materi yang ada dalam buku, sambil mencoba mencari jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan yang telah disusun tadi.

d. Langkah IV Summarize (meringkas)
Langkah empat ini siswa berhenti sebentar untuk meringkas atau membuat catatan penting mengenai apa yang sudah dibacanya tadi. 

e. Langkah V test (menguji)
Langkah lima ini siswa diberikan tes atau semacam pertanyaan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman yang sudah diperoleh dari buku atau materi yang sudah di baca sebelumnya.
Dari langkah metode belajar PQRST yang telah diuraikan di atas, dapat dilihat bahwa metode belajar ini dapat membantu siswa memahami materi pembelajaran, terutama terhadap materi-materi yang lebih sukar dan menolong siswa untuk berkonsentrasi lebih lama.

2 komentar:

  1. sore mbak,,
    saya mau nnya ne,ada gak buku khusus tentang metode PQRST?
    terimakasih

    BalasHapus
  2. maaf ya baru sempat membalas
    saya mendapatkan buku dari dosen pengampu mata kuliah ini:)

    BalasHapus